Edit

BERANDA

Jelang Harlah Madrasah, Siswa Masuka Bawang Raih Prestasi Tingkat Jawa Tengah

Bagikan :

Bawang, NU Batang
Tiga peserta didik dari kampus kader aswaja, Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga (Masuka) Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang menorehkan prestasi cukup gemilang dalam ajang Pra-KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Rajib kelas X (sepuluh) yang meraih medali perak pada cabang Biologi, Vera dan Mundakiroh kelas XI (sebelas) meraih medali perunggu pada cabang kompetisi Kimia.

Kompetisi diselenggarakan secara online pada Sabtu 14 Mei 2022, kemudian hasilnya diumumkan pada Kamis 19 Mei 2022. Kompetisi Pra-KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng untuk memfasilitasi para siswa mengasah kemampuan akademis serta menjadi ajang pemanasan jelang kompetisi KSM.
Kompetisi Pra-KSM ini dilaksanakan secara daring dan serentak se-Jawa Tengah.
Afandi selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Masuka Bawang mengatakan bahwa keikutsertaan peserta didik dalam kompetisi ini untuk mempersiapkan diri mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah serta untuk menambah pengalaman siswa dalam ajang kompetisi akademis, sehingga pada saat dilaksanakan KSM mereka sudah mempunyai gambaran model soal yang akan keluar saat kompetisi.

Sementara itu Kepala MA Sunan Kalijaga Bawang, Ahmad Munir Malik menyampaikan apresiasi kepada para peserta didik yang telah mengikuti ajang Pra-KSM, khususnya mereka yang telah berhasil meraih juara.
Menurutnya prestasi ini cukup membanggakan, karena meski mereka belajar di madrasah yang berada di lereng Gunung Prau Bawang Kabupaten Batang, namun mampu bersaing dengan siswa-siswa dari MA negeri maupun swasta dari seluruh wilayah Jawa Tengah. Munir juga memberikan apresiasi kepada guru mapel yang telah membimbing anak-anak sehingga memiliki kemampuan akademis yang membanggakan.

“Harapannya prestasi ini menambah semangat para pendidik dan peserta didik untuk terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga ke depan akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih oleh para siswa Masuka Bawang,” katanya.

Munir juga menyatakan bahwa prestasi ini sekaligus menjadi kado indah menjelang diperingatinya Hari Lahir (Harlah) Ke-40 Masuka Bawang pada tanggal 26 Mei 2022 mendatang.

Pewarta : Tim Pers MA Suka
Editor : M Asrofi