Edit

BERANDA

Madrasah Desain PAC GP Ansor Bandar: Berlatih Berkhidmah melalui Media

Peserta Madrasah Desain PAC GP Ansor Bandar

Bagikan :

Bandar, NU Batang
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bandar Kabupaten Batang berhasil menggelar pelatihan desain grafis dengan nama “Madrasah Desain” pada Senin malam (20/6). Pelatihan dengan mengambil tema “Berlatih berkhidmah melalui media” ini bertempat di Gedung MWC NU Bandar.

Pelatihan diikuti oleh perwakilan masing-masing ranting Ansor se-Kecamatan Bandar. Ada kurang lebih 40 peserta yang hadir dengan berjas Ansor dan berjaket Banser. Hadir pula Ketua PAC GP Ansor Bandar sahabat Mohamad Rifqi. Dalam sambutannnya ia menyampaikan harapan dengan diadakannya pelatihan desain grafis tersebut. “Dengan adanya madrasah desain ini saya berharap akan muncul kader-kader yang dapat meramaikan dunia maya dengan postingan-postingan Ansor khususnya dari ranting-ranting. Lebih bagusnya lagi dapat berimbas ke peningkatan ekonomi,” ucapnya.

Turut hadir pula Kiai Ali Rohman selaku Wakil Ketua PC Ansor Batang Bidang Infokom  yang hanya diawal pembukaan saja karena harus bertakziah.  Beliau menyampaikan pesan kepada semua peserta pelatihan desain yang hadir bahwa saat ini kehidupan tidak hanya dunia nyata saja melainkan dunia maya. “Kita ini sekarang hidup di dua dunia, tapi bukan anfibi kaya kodok ya haha,” guraunya. “Sekarang hidup kita ada di dunia nyata dan dunia maya,” lanjutnya.

Menurut pengamatan Kiai Ali Rohman ada 4 platform media sosial yang paling besar digunakan di Indonesia. Beliau mengecualikan aplikasi chatting karena menurutnya bukan aplikasi WhatsApp dan sejenisnya bukan media sosial yang meluas seperti halnya facebook. “Sahabat-sahabat Ansor, di Indonesia ini ada empat platform media yang sangat besar jumlah penggunanya. Paling besar adalah Facebook, kemudian Instagram, dilanjut Twitter dan terakhir Youtube,” tambahnya.

Beliau kemudian menuturkan bahwa sangat tidak bijak jika Ansor tidak ikut serta meramaikan jagad media sosial dengan postingan kegiatan Ansor. “Sangat bodoh kalau tidak memanfaatkan media-media sosial itu untuk menyebarkan informasi tentang kegiatan Ansor,” tuturnya.

Pelatihan desain malam itu diisi oleh Tim Infokom PC Ansor Batang, sahabat Sofyan Ari Setiawan. Di awal-awal ia menyampaikan bahwa pelatihan harus dimulai dengan teori terlebih dahulu. “Sahabat semua, sebelum praktik nanti kita belajar teorinya dulu, kita belajar ilmunya dulu karna kan apa-apa itu harus ada teorinya dulu baru bisa parktik, harus tahu ilmunya dulu baru diterapkan,” ungkapnya.

Pelatihan malam itu berjalan dengan santai dan lancar. Sesekali diselingi dengan canda selama pelatihan oleh peserta dan pemateri. Para peserta menikmati sajian coffe break berupa kopi dan teh serta beberapa jenis cemilan.

Ada cukup banyak materi yang dipaparkan, mulai dari pengertian desain, pemilihan warna, pengaturan font dan tata letak desain bahkan bedah desain. Sampai akhirnya praktik membuat desain ucapan hari raya idhul adha atau hari raya qurban dengan aplikasi Pixellap. Para peserta nampak fokus  membuat desainnya masing-masing. Setelah jadi mereka mengirimkan hasil desainnya ke grup WhatsApp Madrasah Desain.

Usai para peserta mengirimkan hasil desainnya masing-masing, pemateri mengomentari desain tersebut. Ada sebagian desain yang sudah baik menurutnya sesuai kaidah dan bagus. Namun adapula yang masih kurang dalam penngunaan kaidah desain. Adapula yang sengaja mendesain lucu untuk sekedar hiburan para peserta yang hadir.

Acara pelatihan desain selesai kurang lebih pukul 11 malam. Acara ditutup dengan foto bersama para peserta dan pemateri dengan background banner Madrasah Desain.

Pewarta : Misbach
Editor : Slamet