PCNU Batang Berikan Pengobatan Gratis Pada Warga Paskabanjir

Diposting pada

BATANG-Lembaga Kesehatan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) menghelat pengobatan gratis kepada ratusan korban pasca banjir.

Acara tersebut digelar di Gedung TPQ Barul Ulum Dukuh Kutosari Kecamatan Karangasem Utara.

Kepala Lembaga Kesehatan PCNU, Dr. Slamet Solichin mengatakan pengobatan pasca banjir ini merupakan bentuk kepedulian Nahdatul Ulama kepada korban banjir yang melanda Kabupaten Batang khususnya di wilayah pesisir selama tiga hari mulai Minggu Dinihari sampai Selasa (29/01/2019) lalu.

“Dukuh Kutosari merupakan salah satu wilayah terdampak banjir terparah. Ketika wilayah terdampak banjir sudah surut. Dukuh Kutosari belum, sehingga kami pilih yang pertama untuk digelar bhakti sosial berupa pengobatan gratis,” tuturnya, Senin (4/2/2019)

Dari 200 lebih warga yang berbondong-bondong mengikuti pengobatan gratis, dua dokter dan delapan petugas dengan sabar melayani antusias warga.

Dikatakan Slamet Solichin rata-rata warga mengeluhkan penyakit yang jamak diderita korban pascabanjir, yakni gatal-gatal dan batuk.

Adapun pasien yang ditangani mayoritas balita dan manula.

“Kami periksa detail kondisi pasien, kemudian kami sertakan obat-obatan untuk dikonsumsi di rumah. Tidak lupa kami berpesan kepada pasien agar jaga kondisi tubuh,” ujarnya.

Ia melanjutkan Lembaga Kesehatan PCNU Batang sengaja melakukan bhaksos pascabencana, karena biasanya korban banjir pada waktu sekarang ini masih membutuhkan uluran bantuan terutama dalam hal pengobatan.

“Tidak hanya di Dukuh Kutosari, kita juga bakal mengadakan pengobatan gratis di wilayah lain bilamana dipandang perlu,” tuturnya

Sementara Tokoh Masyarakat setempat Nurhaji Slamet Urip yang memantau jalannya Bhaksos, mengapresiasi Lembaga Kesehatan PCNU Kabupaten Batang yang telah mendedikasikan tenaga dan waktunya untuk peduli terhadap korban pascabanjir di wilayah pesisir.

“Kalau bantuan logisitik seperti makanan, selimut dan sebagainya. Korban sudah mendapatkan. Namun setelah banjir, tentu warga terserang berbagai penyakit. Dan Lembaga Kesehatan PCNU Kabupaten Batang telah hadir di sini untuk menjawab kebutuhan tersebut,” terangnya.

Warga setempat, Tulus Raditya mengaku antusias dengan kegiatan bhaksos Lembaga Kesehatan PCNU Batang, pasalnya dengan acara sosial tersebut, anaknya yang masih berumur balita bisa ikut cek kesehatan.

“Ya pasti hidup beberapa hari dengan air banjir tidak sehat. Makanya saya cek kesehatan terutama untuk anak saya. Senang karena selain gratis juga dekat tidak perlu jauh-jauh,” pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul PCNU Batang Berikan Pengobatan Gratis Pada Warga Paskabanjir, http://jateng.tribunnews.com/2019/02/04/pcnu-batang-berikan-pengobatan-gratis-pada-warga-paskabanjir.
Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *