Tumbuhkan Semangat Lliterasi, IPNU-IPPNU Gelar Obrolan Melenial

Diposting pada

PAC IPNU IPPNU kecamatan Limpung mengadakan Obrolan Milenial (OMELAN) edisi kedua. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Oktober 2019 di MA Takhasus As-syairiyah Limpung.

Omelan edisi kedua dilaksanakan setelah sukses Omelan edisi pertama beberapa bulan lalu. Pada kali ini tema yang diusung oleh pihak penyelenggara yaitu “Trias Politika dan alur penegakan hukum negara” dengan narasumber bapak Hamam Nasrudin, S.Pd.I.

Tema ini diharapkan mampu membuka pengetahuan pelajar dalam menanggapi kegamangan para pelajar nusantara yang sempat berdemo menyampaikan kekesalannya terhadap pemerintah.

Maka dari itu poin of view yang disusun pengurus dalam forum diskusi ini digadang mampu memberi pengetahuan lebih terhadap pelajar di kecamatan Limpung. Topik pembahasan tersebut diantaranya :

  1. Sistem pembagian kekuasaan di Indonesia dan kewengangan masing2 lembaga, baik dari legislatif,eksekutif,yudikatif.
  2. Sejarah undang-undang dari masa Hindia Belanda hingga Indonesia merdeka.
  3. Alur perancangan undang-undang dan direvisinya RUU ketika tidak sesuai terhadap sosial budaya dengan masyarakat.

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU kecamatan Limpung ini memang forum diskusi pelajar yang mengangkat isu-isu terkini. Dengan mendatangkan narasumber yang menguasai pada bidangnya. Hal ini dimaksudkan agar pelajar di kecamatan Limpung tetap eksis menanggapi suatu masalah tanpa meninggalkan nilai-nilai tabayyun dan berdiskusi.

“Kegiatan diskusi ini sebenarnya jarang dilakukan oleh pelajar IPNU IPPNU ditingkat bawah yaitu komisariat. Namun Saya sangat mengapresiasi kepada Pimipinan Anak Cabang(PAC) Limpung yang sudah membuat ruang diskusi seperti ini. Dengan adanya ruang diskusi pelajar khususnya di Limpung, secara intelektual akan semakin maju” tutur bapak Hamam Nasrudin di akhir acara.

Sesuai dengan slogan Omelan ini yaitu “Amati, Cermati, Angkat Bicara”, sudah saatnya pelajar tetap melek literasi melalui forum diskusi.

“Kedepannya diharapkan para pelajar di kecamatan Limpung khususnya kader IPNU IPPNU lebih giat lagi mengikuti acara ini. Insyaallah Pengurus Anak Cabang IPNU IPPNU Limpung siap menyediakan fasilitas forum diskusi seperti Omelan ini untuk turut andil membuka pengetahuan para pelajar dalam menanggapi isu terkini” ujar Erfan Hafidz selaku ketua panitia pelaksana.

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *