Bangga Warga NU punya KopsimNU

Diposting pada

Ada kesimpulan secara umum. Nahdlatul Ulama tidak diragukan bila mengurus soal keagamaan tapi bila mengurus ekonomi dan keuangan masih diragukan keberhasilannya. Kondisi ini yang menjadikan kemandirian NU berjalan agak lambat walaupun umurnya hampir satu abad. Oleh karena itu tema Harlah ke 98 menurut kalender Hijriyah adalah : Meneladani Mu’asis Menuju Kemandirian NU.

Menurut sekretaris PCNU Batang, A.Munir Malik, klaim NU kurang mampu membangun sistem ekonomi dan keuangan mulai ditepis oleh warga NU Batang. Salah satunya adalah perkembangan lembaga keuangan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS KOPSIMNU). Lembaga keuangan di bawah NU yang kini sudah berumur 20 tahun itu termasuk koperasi terdepan di Kabupaten Batang.

“Untuk mengelola ekonomi dan lembaga Keuangan NU seperti KopsimNU yang sekarang memang tidak mudah, butuh waktu, ketekunan, keseriusan dan profesional. Dan itu semua bisa dilalui oleh KopsimNU, demikian kata A.Munir Malik dalam sambutan RAT KopsimNU di Hotel Dewi Ratih , 20/2/2021

Sejarah panjang perjalanan Kopsim sejak berdiri tahun 2001 hingga 2021, yang bermodalkan nol persen sampai kini mampu mengelola modal uang tidak kurang dari 30 milyar merupakan prestasi yang membanggakan dan bisa dibanggakan warga NU Batang.

” Awal berdiri, KopsimNU ini diselimuti optimisme dan pesimisme. Ada yg mendukung dan tidak sedikit pula yang mencibir’, demikian sambutan ketua KopsimNU , H.M.Abdurrahman SH,MM dalam laporan pertanggungjawaban saat RAT.

Namun kesulitan kesulitan itu bisa dilalui dengan baik olek pengurus, manajer dan semua karyawan KopsimNU. Dan saat ini kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Penambahan anggota dan permodalan meningkat signifikan dari tahun ke tahun.
Bahkan Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang Bapak Subiyanto, MM menilai KopsimNU termasuk koperasi yang sehat di antara 200 an lebih koperasi yang terdapat di batang.

” Indikasi koperasi sehat adalah jumlah anggota bertambah, permodalan meningkat, aset berkembang dan RAT tepat waktu. Ini sudah dimiliki KopsimNU”, tegas nya saat memberikan sambutan dalam RAT.

RAT yang dihadiri para pendiri, anggota, para kyai yang tergabung dalam dewan syari’ah, pengawas dan jajaran pengurus NU serta Kepala Dekopinda Kabupaten Batang, Bapak Sukirman, SE,MM
ini memberikan hadiah dan door prize yang banyak dan menarik untuk semua yang hadir. Mulai dewan pendiri, penyerta modal, penyimpan dan peminjam teladan.

Dalam RAT ini pula Kopsim memberikan bantuan dana Operasional PCNU sebesar 30 juta dan zakat sebesar 5 juta. Dan pada Harlahnya di bulan November tahun lalu , KopsimNU juga berpartisipasi pembangun RSNU Batang sebesar 50 juta.

Penulis: Jabir Al-Faruqi

Bagikan ke :

One thought on “Bangga Warga NU punya KopsimNU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *