Pelajar NU & IRMA Denasri Kulon Batang Gelar Pesantren Ramadhan

Diposting pada

nubatang.or.id || Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan suci ramadhan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama’ (IPNU)  dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama’ (IPPNU) bersama Ikatan Remaja Masjid (IRMA) At-Taqwa Denasri Kulon Batang menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan (SANRA) pada Rabu (5/5/21).

Acara berlangsung di Masjid At-Taqwa Denasri Kulon Batang selama tiga hari, dari tanggal 23-26 ramadhan 1442 H. Dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini diikuti peserta sejumlah 120 dari kelas 3 SD – 8 SMP. Kegiatan yang bertemakan “Menebar Ramah, Menggapai Ridho Allah serta Mencetak Generasi An-Nahdliyah” merupakan salah satu upaya IPNU dan IPPNU serta IRMA dalam melestarikan tradisi yang diadakan setiap tahun sekali guna menyiarkan bulan ramadhan dengan kegiatan yang positif.

Menurut ketua Ikatan Remaja Masjid At-Taqwa Denasri Kulon Batang, Alif Zafiq Ramadhan menjelaskan bahwa tujuan kegiatan pesantren ramadhan tahun ini adalah wujud bahagia kita dengan mensyiarkan bulan ramadhan yang sesuai dengan sabda Nabi “Man fariha biduhuli romadhona harram Allahu jasadahu ‘alan niiron” yang artinya barang siapa yang berbahagia dengan masuknya bulan ramadhan, maka Allah Swt akan mengharamkan jasadnya atas  api neraka.

“Serta mempersiapkan generasi An-Nahdliyah di masa mendatang khususnya di Desa Denasri Kulon,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan pesantren ramadhan kali ini meliputi penyampaian materi, Ziarah ke makam Wali setempat, Tadarus bersama, Maulidan, buka bersama dan pada hari puncak kegiatan dimeriahkan dengan lomba-lomba: lomba adzan, lomba hafalan surat, lomba puisi, lomba kreasi hijab, dan lomba LCC serta kegiatan sahur bersama.

Acara ini mendapat apresiasi baik dari kepala Desa Denasri Kulon, serta  kedatangan kapolsek Batang guna sosialisasi akan bahaya mercon kepada seluruh peserta.

Menurut Maghfurudin, selaku ketua pelaksana kegiatan, mengatakan bahwa dengan kegiatan ini mampu mendidik generasi muda agar menjadi generasi yang berakhlakul kharimah, cinta akan ilmu agama dan mewujudkan generasi muda Nahdliyin yang toleran, dan berharap agar semua ilmu yang diberikan dari kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran yang baik untuk seluruh peserta.

Peserta juga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut apalagi dengan keadaan masih pandemi, rasa rindu akan sekolah mereka bisa tergantikan lewat kegiatan pesantren ramadhan ini.

Pewarta : Ayu

Editor : Asrofi

Bagikan ke :

One thought on “Pelajar NU & IRMA Denasri Kulon Batang Gelar Pesantren Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *