Ngaji Kitab Karya Mbah Bisri, Wakil Ketua GP Ansor Ranting Plumbon Tekankan Bersikap Baik Kepada Non Muslim

Diposting pada

Agama Islam tidak memerintahkan umat Islam memutus hubungan dengan non muslim. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pengaderan dan Dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Desa Plumbon Limpung Batang, Gus Zaimuddin Ahya’ saat mengaji kitab Zaduz Zu’ama’ wa Dakhirotul Khutoba’ karya Kiai Haji Bisri Mustofa Rembang (Mbah Bisri) di acara Selapanan rutin GP Ansor Plumbon (Rabu, 29/09/2021).

Menurut Gus Zaim, dalam kitab tersebut, Mbah Bisri mendorong umat Islam untuk bergaul dengan non muslim dengan budi pekerti yang baik.

“Seperti berbela sungkawa ketika tetangga kita yang non muslim terkena musibah,” lanjut Gus Zaim merujuk kepada kitab karya Mbah Bisri.

Selain itu, lanjut Gus Zaim, Mbah Bisri juga memerintahkan kita menggalang persatuan dan bekerjasama untuk kemaslahatan umum.

“Dengan kita bersikap baik dan bahu mambahu untuk kepentingan umum, orang-orang non muslim akan simpatik dengan Islam dengan sendirinya,” jelas Gus Zaim.

Namun kata Gus Zaim, merujuk kitab Mbah Bisri, tentu dalam bergaul dengan non muslim, kita tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang seperti ikut beribadah dengan cara mereka dan semacamnya yang ranahnya akidah dan ibadah murni.

Acara yang dilaksanakan di Mushala Nurul Huda RT 03 Desa Plumbon ini juga dihadiri Ketua Ranting GP Ansor Desa Plumbon, Amin Subhan dan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Limpung, Hamam Nasruddin.

Dalam sambutannya, Amin Subhan mengajak sahabat-sahabat Ansor ranting Desa Plumbon supaya lebih kompak dan semangat.

“Ayo kita lebih kompak, dan ajak sahabat-sahabat yang belum ikut. Selain kegiatan ngaji, sosial, ansor kita juga ada kegiatan olahraga seperti sepak bola, ” tutur Amin.

Sedangkan Hamam Nasruddin, dalam sambutannya menginfokan terkait agenda terdekat GP Ansor, baik di tingkat PAC maupun Cabang.

“Sebentar lagi akan dilaksanakan Pelatihan Kader Dasar (PKD), maka pengurus ranting segera menyiapkan kader-kadernya. Begitu juga sebentar lagi akan ada konferensi cabang, yang rangkaiannya diisi dengan bermacam-macam lomba. Mulai dari video, foto, desaign logo, ceramah dan lain-lain. Monggo sahabat-sahabat ikut berpartisipasi,” jelas Hamam.

Pewarta: Jazuli

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *