Pengurus Cabang NU Batang Gelar Rapat Koordinasi Bersama Tiga Lembaga

KH Abdul Manaf Syair memegang microfon sedang membaca do'a. Foto: Tri Pujiarto

nubatang.or.id || Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang bersama Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC NU) se-Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi bersama tiga lembaga Nahdatul Ulama di Aula 2 Tirta Asri  Desa Sempu Kecamatan Limpung, Ahad (26/9/2021).

Tiga lembaga yang tergabung pada rapat ini adalah Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdatul Ulama (RMINU), Lembaga Ta’mir Masjid Nahdatul Ulama (LTMNU) dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdatul Ulama (LPMNU). Selain itu dari lima belas MWC NU se-Kabupaten Batang yang masing-masing diwakili oleh empat pengurus tampak hadir.

Rois Suriyah PCNU Batang, KH Abdul Manaf Syair mengawali pembukaan rapat ini dengan membaca surat al fatihah dengan harapan bisa memperlancar acara dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk Nahdatul Ulama kedepan.

H Achmad Taufiq selaku ketua Tanfidziyah PCNU Batang mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak sekalian yang telah memenuhi undangan rapat koordinasi ini.

Ia mengatakan sudah lama kita tidak bertemu, karena pandemi Covid-19 kegiatan kita ini menjadi terhalang.

“Alhamdulillah pandemi Covid-19 sudah mulai menurun, namun demikian saya mendapatkan amanat dari Gugus Covid untuk mengingatkan kita semua. Pandemi belum dinyatakan berkahir, maka saya menekankan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Taufiq.

“Pertemuan ini sebenarnya sudah hampir setingkat rapat kerja cabang, namun demikian karena kami dari pengurus cabang memandang perlu. Setidaknya tiga lembaga ini betul-betul kita konsen. Persoalan-persoalan yang ada didalamnya itu kita lepaskan sehingga lebih konsen dengan tiga lembaga,” paparnya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan rapat komisi dengan lokasi yang terpisah. Rapat komisi Lembaga RMINU yang dipimpin oleh Gus Miftah membahas tentang pendataan Pondok Pesantren dan pendataan Madrasah Diniyyah (Madin) yang NU. Rapat komisi LTMNU dipimpin oleh H Mulyono yang membahas tentang badan hukum Masjid dan Musala. Kemudian untuk rapat komisi LPMNU dipimpin oleh H Ali Sodikin selaku ketua.

Usai sidang komisi, masing-masing lembaga menyampaikan hasilnya kepada peserta rapat di ruang Aula 2.

H Achmad Taufiq yang juga menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang berharap setelah selesai rapat ini, masing-masing lembaga harus ada tindak lanjut.

“Jangan sampai kita sudah membahas panjang, namun tindak lanjutnya tidak ada!” tegasnya.

Pewarta: Muhammad Asrofi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga