Edit

BERANDA

Di Apel Akbar, Gus Yaqut Tegaskan Tanggung Jawab Kader NU

Ketua PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas di Apel Akbar Ansor Fatayat Batang

Bagikan :

Batang, NU Batang
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa kader NU harus memahami tanggung jawabnya.

“Kebesaran Nahdlatul Ulama (NU) wajib kita syukuri. Kita harus melihat kebesaran NU ini sebagai bagian dari tanggung jawab kita untuk merawatnya,” tegas Gus Yaqut yang juga merupakan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), di Apel Akbar Ansor dan Fatayat Batang, di Alun-alun Kabupaten Batang pada Ahad (11/12/2023).

Selain tanggung jawab merawat NU, Gus Yaqut juga menegaskan bahwa kader-kader NU harus turut andil dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Gus Yaqut, hanya di Indonesia organisasi masyarakat dengan jumlah keanggotaan yang sangat besar, yang tidak berpikir untuk melakukan kudeta.

“Di negara lain ormas sebesar NU pasti kepikiran untuk merebut kekuasan. Tapi kader-kader NU tidak pernah berpikir seperti itu. Di kepala kader-kader NU yang ada hanya bagaimana menjaga negara ini sebagai warisan dari para muassis Nahdlatul Ulama,” tegas Gus Yaqut.

Menjelang pemilihan umum (Pemilu) ini, Gus Yaqut menegaskan bahwa jangan pernah membawa Ansor secara organisasi ke ranah politik praktis.

“Kader Ansor jangan tercerai berai,” jelas Gus Yaqut.

Di momen Apel Akbar ini Gus Yaqut juga mengapresiasi kekompakan Ansor, Banser Fatayat dan Garda Fatayat (Garfa) Kabupaten Batang.

“Ini akan menjadi kenangan luar biasa bagi saya. Karena di depan saya tampil generasi muda penerus Jamiyyah Nahdlatul Ulama yang luar biasa,” ungkap Gus Yaqut.

“Sore ini saya wajib berbahagia, karena menyaksikan bagaimana masa depan Nahdlatul Ulama akan tambah bersinar dan jaya,” lanjut Gus Yaqut.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah Sholahuddin Aly berpesan bahwa kader Ansor harus kompak. Gus Sholah mengibaratkan bahwa kader-kader Ansor itu seperti satu tubuh.

“Kader Ansor tidak boleh membiarkan sahabatnya berjuang sendirian,” tegas Gus Sholah.

Apel Akbar ini diikuti oleh kader-kader Ansor dan Fatayat Kabupaten Batang. Apel ini turut dimeriahkan oleh penampilan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) dan Garfa Batang.

Pewarta: Zaim Ahya