Goes Santri Day, Pelajar NU Sidorejo Meriahkan HSN 2021

nubatang.or.id || Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Sidorejo mengadakan Goes Santri Day (25/10).

Peringatan Hari Santri Nasional tidak hanya berlaku bagi santri di pesantren. Tetapi juga dapat dilakukan oleh siapapun dengan tujuan untuk mengenang perlawanan santri terhadap penjajah untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Goes Santri Day merupakan kegiatan yang telah dilakukan oleh PR IPNU dan IPPNU Sidorejo yang kedua kalinya (Goes Santri Day pertama pada tahun 2020). Goes Santri Day adalah kegiatan bersepeda bersama dengan jarak tempuh yang dilakukan oleh panitia. Yang menjadi unik, kegiatan ini tidak hanya bersepeda pada umumnya, tetapi para peserta Goes Santri Day diharuskan untuk menghias sepedanya.

Menurut Hamdan Dzulfa, selaku ketua pelaksana Peringatan HSN 2021, kegiatan Goes Santri Day 2021 sangat luar biasa. Peserta Goes Santri Day sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan ini. Begitupula dengan panitia yang semangat bergotong royong untuk mensukseskan Goes Santri Day 2021.

“Rasa kebanggaan saya muncul ketika melihat antusias peserta, juga semangat para anggota IPNU dan IPPNU. Suksesnya kegiatan ini tak lepas dari kerja sama dan gotong royong panitia untuk mewujudkan kegiatan yang sudah dirancang selama satu bulan sebelumnya,” ujar Hamdan.

Dalam pelaksanaan Goes Santri Day 2021, panitia telah mempersiapkan segala keperluannya semenjak satu bulan sebelum acara. Kegiatan ini melibatkan anggota IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo sebagai panitia yang disesuaikan pada posisinya masing-masing.

Sedangkan menurut Nurul Khikmah, selaku panitia HSN 2021, niat yang kuat menjadi modal awal untuk menyelenggarakan peringatan HSN 2021. Dengan niat dan tekad yang kuat menjadi pemicu semangat bagi panitia untuk mensukseskan peringatan HSN 2021.

“Yang paling utama dan harus dipersiapkan dalam HSN 2021 adalah niat dan tekad, surat menyurat untuk perizinan, serta persiapan anggaran dana. Akan tetapi, hanya menjadi salah satu penunjang suksesnya sebuah kegiatan,” ujar Nurul, sekertaris peringatan HSN 2021.

Para peserta sangat berantusias untuk menghias sepedanya semenarik mungkin. Peserta dari Goes Santri Day 2021 terdiri dari anggota IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo, pelajar tingkat dasar se-Desa Sidorejo, juga Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) yang ikut memeriahkan Goes Santri Day.

“Senang sekali bisa mengikuti Goes Santri Day 2021. Lebih senang lagi ketika saya mendapatkan hadiah dari panitia. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya,” harapan Faida, sebagai juara 1 dengan hiasan sepeda yang paling menarik.

Aditya Irfani, selaku ketua IPNU Desa Sidorejo, mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan peringatan HSN 2021 adalah untuk melatih rasa tanggungjawab anggota IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo. Selain itu, partisipasi dalam kegiatan Goes Santri Day juga menjadi bukti kecintaan anggota IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo terhadap organisasinya, yakni Nahdlatul Ulama.

 “HSN 2021 bertujuan untuk melatih rasa tanggungjawab sebagai panitia, dan sebagai bukti kecintaan anggota terhadap organisasinya,” ujar Aditya seusai acara Goes Santri Day.

Kegiatan Goes Santri Day 2021 juga dimeriahkan dengan adanya penampilan akustik dari anggota IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo dan pencak silat Pagar Nusa Kecamatan Warungasem yang menjadi penutup dalam kegiatan Goes Santri Day 2021. Dalam memperingati HSN 2021, PR IPNU dan IPPNU Desa Sidorejo juga mengadakan trofeo sepak bola, pentas seni, dan Rutinan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama Desa Sidorejo yang telah diadakan pada hari sebelumnya, dan ditutup dengan Goes Santri Day yang menjadi acara puncak dalam peringatan HSN 2021.

Kontributor: Intan Khumairo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga