Edit

BERANDA

Pelajar NU Sidorejo Kembali Rutinkan Tadarus Keliling di Dusun

Kegiatan Tadarus Keliling oleh Pelajar NU Sidorejo

Bagikan :

Warungasem, NU Batang
Setelah tahun 2020 lalu terdampak pandemi Covid-19, kini Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Sidorejo kembali mengadakan Tadarusan Keliling (Darling). Sama seperti tahun sebelum-sebelumnya, Darling dilaksanakan secara bergilir bertempat di masjid dan mushala se-Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada 5-23 April 2022.

Darling merupakan program kerja rutin tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan, dengan pelaksanaan di 3 masjid dan 15 mushala se-Desa Sidorejo. Kegiatan ini sudah berjalan selama empat tahun berturut-turut. Akan tetapi, pada tahun 2020 Darling terhambat pandemi covid-19, sehingga dilaksanakan secara online.

Ketua IPPNU Desa Sidorejo, Dwi Listiyani menuturkan bahwa di era gempuran transformasi digital sudah sering ditemui pelajar yang acuh tak acuh terhadap pentingnya menjaga silaturahmi. Mereka telah terkontaminasi oleh pengaruh buruk globalisasi yang dipicu oleh perkembangan teknologi, terlebih bidang komunikasi dan ilmu pengetahuan.

“Darling itu salah satu solusi alternatif untuk menjaga marwah pemikiran pelajar,” ujar Guru Rudhah Athfal (RA) Masyitoh Sidorejo tersebut kepada Media di Masjid At-Taqwa, Dukuh Cluluk Desa Sidorejo, pada Selasa (5/04).

Tiya menambahkan, masyarakat sangat antusias dalam menyambut kegiatan Darling, bahkan mereka menyuguhkan makanan untuk buka puasa. Ia berharap, Darling sebagai sarana memuliakan dan meramaikan bulan suci yang penuh berkah ini.

Sementara itu, Ketua IPNU Desa Sidorejo, Aditya Irfani mengatakan Darling tahun ini terdapat agenda baru yaitu kultum selepas tadarusan yang diisi oleh tokoh agama wilayah masjid atau mushala setempat. Kultum menjadi serangkaian agenda baru yang dianggap penting karena pelajar NU harus memahami ilmu keagamaan, bukan sekadar mendalami ilmu pengetahuan umum.

“Insya Allah Darling bisa membawa keberkahan baik untuk masyarakat desa maupun pelajar NU Sidorejo sendiri,” harapnya.

Pria yang sering disapa Aditya tersebut menyampaikan, Darling dilaksanakan secara silih berganti bertujuan berinteraksi sekaligus menjaga ikatan persaudaraan masyarakat. Bukan hanya pelajar NU Desa Sidorejo, kegiatan ini terbuka luang untuk masyarakat umum.

“Khataman tadarus akan dilaksanakan bersamaan acara santunan anak yatim dan piatu NU Desa Sidorejo,” pungkasnya.

Kontributor: Septy Aisah
Editor: Intan Khumairo