Edit

BERANDA

Kader Ansor Bandar Didorong Aktif Menulis Berita Kegiatan NU di Daerah

Bagikan :

Menulis berita kegiatan-kegiatan Ansor maupun Nahdlatul Ulama’ (NU) di daerah masing-masing merupakan hal yang penting di era sekarang. Hal ini dinyatakan oleh Sekretaris Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Batang Gus Zaim Ahya, di acara pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Bandar, pada Jum’at (21/07/23).

“Sebagai khidmah dan bentuk dakwah, para sahabat Ansor diharapkan bisa memberitakan kegiatan-kegiatan yang ada di ranting masing-masing,” terang Gus Zaim Ahya di acara yang digelar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-I’anah Bandar ini.

Dalam pemaparannya, Gus Zaim menjelaskan bahwa dalam menulis berita penting untuk memperhatikan 5W + 1H.

“5W + 1H adalah isi dari berita. Misalnya dalam memberitakan kegiatan Ansor, harus jelas apa nama kegiatannya, yang terlibat siapa saja, kapan dan di mana, apa tujuannya, dan lain sebagainya,” jelas Gus Zaim.

Gus Zaim juga menambahkan, dalam menulis berita juga perlu untuk memperhatikan sudut pandang, supaya beritanya lebih fokus dan menarik.

“Sudut padang ini bisa dengan cara menfokuskan salah satu dari 5W + 1H. Kira-kira mana yang paling menarik,” terang pemuda yang juga menjadi kontributor NU Online Jateng ini.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Bandar Taufiq, dalam sambutannya, berharap setelah pelatihan jurnalistik ini, kader-kader Ansor bisa menulis berita terkait kegiatan-kegiatan Ansor maupun NU.

“Di era sekarang, kegiatan-kegiatan Ansor penting untuk dipublikasikan,” jelas Taufiq.

Acara pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh perwakilan kader Ansor dari seluruh ranting Ansor yang ada di Kecamatan Bandar. Dalam pelatihan ini, para peserta juga melakukan praktik menulis berita.

Pewarta: Wiguna Pangestu
Editor: Krisna Hadi Wijaya