Keputusan Bahtsul Masa`il Lembaga Bahtsul Masa`il (LBM) PCNU Batang di Aula Gedung MWCNU Banyuputih 29 Desember 2024 M.
Deskripsi Masalah
Adalah hal yang maklum bahwa zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang wajib diberikan kepada delapan (8) golongan atau ashnaf sebagaimana telah disebutkan dalam Al Qur`an.
Lazimnya di masyarakan pelaksanakan zakat fitrah (beras) dikumpulkan menjadi satu baik dari muzakki yang kaya maupun muzakki yang miskin dan sesamanya yang pada berikutnya ia juga menjadi penerima zakat fitrah. Beras yang sudah dikumpulkan tersebut kemudian diberikan kepada yang berhak menerimanya. Praktek semacam ini tidak menutup kemungkinan ada sebagian beras yang kembali kepada Muzakki yang statusnya sebagai salah satu ashnaf delapan yang berhak menerima zakat fitrah.
Pertanyaan.
a. Apa hukumnya zakat fitrah dimana sebagiannya ada yang kembali lagi kepada muzaki
b. Jika zakat tersebut tidak sah apakah harus mengulang lagi membayar zakat atau menggantinya ?.
c. Jika tidak sah siapa yang bertanggung jawab ?.
MWCNU Limpung.
Jawaban:
1. Tafsil
Jika yang mengelola (mengumpulkan dan membagi ) amil, maka zakatnya sah. Jika yang mengumpulkan panitia (tidak melalui SK pengangkatan amil) maka zakatnya tidak sah.
(مجموع شرح المهذب: 6\138)
(الرَّابِعُ) فى بيانِ الأفضَلِ. قال أصحابُنا تفريقُهُ بنفسِهِ أفضلُ مِن التَّوكيلِ بلا خلافِ لانَّهُ على ثقةٍ مِن تفريقِهِ بخلافِ الوكيلِ. وعلى تقديرِ خيانةِ الوكيلِ لا يَسقُط الفرْضُ عن المالِكِ لاَنَّ يدَهُ كيدِه فمَا لم يَصِلْ المالُ الى المستحقِّ لا تبرأُ ذِمّةُ المالكِ بخلافِ دفعِها الى الامامِ فانَّه بمُجرَّدِ قبْضِه تَسقُط الزكاةُ عن المالكِ.
(Empat). Tentang keutamaan. Ashab Syafi`iyah berkata: Muzaki membagi zakatnya sendiri lebih utama dari pada mewakilkan pada orang lain, sebab ia lebih yakin dengan pembagian yang dilakukannya sendiri berbeda jika diwakilkan.
Seandainya wakil berkhianat maka kewajiban (membayar zakat) belum gugur dari pemilik/muzakki, sebab kekuasaan seorang wakil statusnya sama dengan kekuasaan pemilik/muzakki sehingga jika harta zakat belum sampai kepada mustahiq maka tanggungan kewajiban zakat belum gugur bagi pemilik/muzakki. Beda halnya jika zakat diserahkan kepada imam. Pemilik zakat sudah terlepas dari tanggungan kewajibannya. (Majmu` Sarah Al Muhadzab: 6/138).
2. Tafsil.
Jika yang mengelola (mengumpulkan dan membagi ) zakat Amil, maka muzakki tidak wajib mengulang zakat lagi.
Jika yang mengelola (mengumpulkan dan membagi ) zakat panitia yang dibentuk secara suka rela (tidak melalui sk pengangkatan Amil, maka muzakki wajib mengganti.
(حاشية الجمل:8\80)
(وعند دفعها لامام) أى وان لم ينو الامام عند الدفع للمستحقين لانه نائبهم فالدفع اليه كالدفع لهم بدليل أنها لو تلفت عنده الزكاة لم يجب على المالك شيئ والساعى كالامام.
Sewaktu menyerahkan zakat kepada imam, sekalipun imam tidak niat saat menyerahkan zakat tersebut kepada mustahiq, sebab kedudukan imam adalah pengganti mustahiq. Oleh sebab itu menyerahkan zakat kepada imam sama artinya dengan menyerahkan zakat kepada mustahiq dengan bukti seandainya (beras) zakat rusak ditangan imam maka muzakki (pemilik) tidak terbebani kewajiban apapun. (Hasyiah Al Jamal: 8/80).
(تحفة المحتاج:3\350)
(ولو دفع الى السلطان) أو نائبه كالساعى (كفت النية عنده) أى عند الدفع اليه وان لم ينو السلطان عند الصرف لانه نائب المستحقين فالدفع اليه كالدفع اليهم ولهذا أجزأت وان تلفت عنده بخلاف الوكيل.
Apabila zakat diserahkan kepada seorang penguasa atau penggantinya dan niatnya saat menyerahkannya maka dianggap sah sekalipun saat meembagikan zakat penguasa tidak niat sebab kedudukan penguasa adalahsebagai pengganti mustahiq. Oleh sebab itu menyerahkan zakat kepada penguasa sama seperti menyerahkan zakat kepada mustahiq sehingga jika zakatnya rusak sewaktu masih di penguasa sudah dianggap cukup. Berbeda jika diserahkan kepada seorang wakil. (Tuhfah Al Muhtaj: 3/350).
(اعانة الطالبين: 2\206)
(قوله: أوامام) معطوف على وكيل أى وتكفى النية عند اعطاء امام الزكاة لأن الامام نائب المستحقين فالدفع اليه كالدفع اليهم ولهذا أجزأت وان تلفت عنده بخلاف الوكيل.
Niat membayar zakat saat menyerahkan kepada imam sudah dianggap cukup/sah. Sebab kedudukan seorang imam adalah sebagai pengganti mustahiq. Menyerahkan zakat kepada imam sudah dianggap menyerahkan zakat kepada mustahiq.
(نهاية الزين: 178)
(و)جاز التوكيل فى أداء الزكاة لانها حق مالي فجاز ان يوكل فيه كديون الادميين –الى ان قال- ويشترط لبراءة ذمة الموكيل العلم بوصولها للمستحق.
Diperbolehkan mewakilkan orang lain untuk memberikan zakat (kepada mustahiq), sebab zakat merupakan hak yang bersifat maliyah (harta benda) sebagaimana diperbolehkan membayarkan hutang. Muzakki (orang yang mewakilkan) (Nihayatuz Zain: 178).
3. Yang bertanggung jawab muzakki (orang yang zakat).
Ibarat jawaban sama dengan diatas.
(حاشية الجمل:8\80)
(شرح البهجة الوردية:6\425)
فان قلت قد الحق فى المجموع الفطرة بالظاهر فى ان دفعها ولو لفاجر أفضل فما سببه قلت سببه ما فيه ممن المصلحة العائدة على الدافع من براءة ذمته يقينا بدفعها له وان علم صرفه لها فى محرم فلهذه الفائدة مع ظهورمن تلزمه خرجت عن قياس الباطنة فى هذا الفرد بخصوصه.
(نهاية الزين: 178)
(و)جاز التوكيل فى أداء الزكاة لانها حق مالي فجاز ان يوكل فيه كديون الادميين ولذلك جاز(توكيل كافروصبى)أى مميز(فى اعطائها لمعين)أى يشترط لجواز توكيل دفع الزكاة الى من ذكر تعيين المدفوع اليه ويشترط لبراءة ذمة الموكيل العلم بوصولها المستحق ومثل الصبى المميز السفيه والرقيق فى ذلك.
Boleh mewakilkan membayar zakat sebab zakat merupakan hak yang bersifat maliah sebagai mana membayar hutang, oleh karena itu diperbolehkan mewakilkan orang kafir atau anak kecil untuk memberikan zakat kepada orang yang telah ditentukan.
Menjadikan orang kafir atau anak kecil untuk memberikan zakat fitrah disaratkan orang yang akan menerima harus sudah ditentukan terlebih dahulu. Dan orang yang mewakilkan sudah terle[as dari tangung jawabnya (membayar zakat) disaratkan ia harus tahu bahwa zakatnya benar-benar sudah diterima oleh mustahiq. (Nihayatuz Zaen: 178).
(البيان:3\420)
فان أخذ الامام من رجل زكاته وكان الدافع مستحقا لأخذ الزكاة فدفع الامام اليه زكاته بعينها أجزأه لأن ذمته قد برئت بتسليمها الى الامام وانما رجعت اليه بسبب أخر.
Apabila imam mengambil zakat seseorang dan orang ini termasuk orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) kemudian diberikan kepada orang tersebut maka sudah mencukupinya sebab tanggungan orang tersebut sudah terlepas dengan menyerahkan zakatnya kepada imam. Zakatnya kembali lagi kepadanya karena sebab lain. (Al Bayan: 3/420)ز
Musahih
K. Amir Mahmud
KH. Shocibul Anwar
Perumus
K. Ali Mas`ud Noer
Ustz. Teguh Raharjo
Moderator
K. M Matin