Tumbuhkan Semangat Berwirausaha IPNU IPPNU Limpung selenggarakan Webinar Kewirausahaan

Diposting pada

Demi menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan anak muda, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) Kecamatan Limpung selenggarakan Webinar Kewirausahaan pada minggu siang (11/10) lewat aplikasi video conference Zoom.

Dengan tema “It’s Time for Young Enterpreneur” Diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan Pelajar dan Anak Muda.

Dengan mengundang Bapak Turjangun seorang pemilik Pupuk Tabur Emas sebagai Keynote Speaker, Pipin Irwandi selaku Owner Nirwa Grafika sebagai pemateri Webinar dipandu oleh Mbak Cyntia Marom seorang Duta Muslimah Preneur.

Ketua Panitia KONFERANCAB XIV Zaenal Mustofa memaparkan bahwa webinar ini dijalankan alternatif Seminar tatap muka, yang saat ini sedang tidak diperbolehkan karena adanya pandemi covid-19.

“Webinar Kewirausahaan ini menjadi solusi yang tepat untuk tetap mengadakan seminar meski kondisi pandemi” ujar Rekan Tofa.

“Kita sih penginnya tidak hanya menjangkau pelajar NU Limpung saja, makanya diadakan webinar online ini guna menjangkau seluruh daerah juga. Apalagi ini kan tentang kewirausahaan, jadi nanti rekan rekanita bisa mengambil ilmunya kemudian diterapkan” imbuh Ketua OC Konferancab tersebut.

Webinar diawali oleh Bapak Turjangun, yang menyampaikan bahwa dalam berwirausaha wajib sangu mental yang berani dan jangan terlalu banyak pertimbangan.

“Melakukan wirausaha tidak perlu terlalu banyak mikir, yang penting pakai konsep copy paste dari ahlinya, kalau saya menyebutnya dengan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)” Ujar Pak Turjangun.

Ia juga mengatakan dalam berwirausaha yang paling utama adalah branding supaya produk yang dimiliki mudah dikenal dan memiliki harga jual yang tinggi.

“Yang terpenting adalah branding produk. Karena dengan branding produk, maka harga produk yang anda jual akan lebih mahal” lanjut beliau.

“Dengan Anda bisa menjadi wirausahawan yang mampu menghidupi dan juga membuka lapangan pekerjaan kepada orang lain” tutup Pak Turjangun.

Pemateri Pipin Irwandi juga mengatakan bahwa dalam berbisnis, pemula perlu memiliki guru sebagai pengarah dalam berbisnis.

“Untuk mengawali bisnis perlu adanya mentor yang mengarahkan bisnis kita” ucap Mas Pipin sapaan akrab beliau.

Ia juga sepakat terhandap pernyataan Pak Turjangun soal branding, beliau menyarankan, di era sekarang selain lewat langsung dari orang per orang, memasarkan produk juga perlu lewat media online.

“Guna memperluas pasar produk kita, maka diperlukan penjualan offline maupun online. Kita tidak bisa berpangku tangan tanpa berbuat apa-apa, maka berusahalah menjualnya secara offline maupun online” imbuh Owner Nirwa Grafika tersebut.

Mas Pipin mengatakan bahwa, dalam berbisnis, jangan terlalu berharap terhadap keuntungan, karena dalam berbisnis dapat terjadi pasang surut, perlu memiliki mental yang kuat tuk menghadapi segala kondisi dalam berbisnis.

“Satu lagi yang perlu diingat, jangan hanya berniat untuk mencari keuntungan dalam berbisnis, dengan begitu ketika omset menurun kita tidak akan down dengan keadaan” tutup beliau

Acara Webinar ini masuk dalam rangkaian Konferensi Anak Cabang ke-14 (KONFERANCAB XIV), selain Webinar, panitia konferensi juga menggelar lomba E-sport PUBG, lomba Tik Tok, serta Napak Tilas ke makam ulama terdahulu di kecamatan Limpung.

Sebagai informasi, bahwasanya Konferancab akan digelar tatap muka pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020 di gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU), dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Pewarta: Hafid

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *