Dok. Pelajar NU Candigugur

Sambut Ramadhan, Pelajar NU Candigugur Adakan Ziarah Makam Sesepuh

Diposting pada

Bawang – nubatang.or.id || Menjelang bulan suci Ramadhan, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Candigugur mengadakan ziarah kubur ke makam para sesepuh Desa Candigugur Kecamatan Bawang, Jum’at (9/4).

Adapun makam sesepuh yang dikunjungi berada di Dukuh Donowodo, Dukuh Klawen dan Dukuh Candigugur.

Kegiatan ziarah yang diikuti oleh belasan anggota ini, terselenggara sejak tahun 2020 hingga sekarang sudah menjadi kegiatan tahunan PR IPNU dan IPPNU Desa Candigugur dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Anif Syarifuddin, selaku ketua IPNU Desa Candigugur mengatakan bahwa jika kita berada di suatu desa, maka kita juga harus tahu mengenai sejarah dan peranan para sesepuh di desa tersebut.

Ia mengajak anggotanya untuk mempelajari kisah perjalanan dan perjuangan para sesepuh.

“Lewat ziarah ini, kita juga bisa sambil belajar dan mengetahui mengenai perjalanan dan perjuangan para  sesepuh dalam mengembangkan Desa Candigugur. Karena hal tersebut sangat penting untuk diketahui, terutama oleh para remaja,” ujarnya.

Abi Aufa, salah satu anggota PR IPNU IPPNU Desa Candigugur mengungkapkan bahwasanya jika tidak ada momen seperti ini mungkin kita tidak mengetahui para sesepuh yang ada di desa kita.

“Saya sangat senang dengan diadakannya ziarah ini. Karena yang tadinya saya belum mengetahui siapa saja sesepuh yang ada di Desa Candigugur, kini saya menjadi tahu dan bahkan sedikit demi sedikit mengetahui sejarahnya,” ungkapnya.

Harapannya, kegiatan ini terus berlangsung dari generasi IPNU dan IPPNU selanjutnya  dan menjadi kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan.

Pewarta : Lutfi Atunnisa’

Editor : Asrofi

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *