Siswa SMK Al-Sya’iriyah Limpung Rayakan Kelulusan Tiga Hari Berturut-turut dengan Cara Unik

Diposting pada

Kamis (3/6) merupakan hari pengumuman hasil kelulusan untuk siswa kelas XII SMA/SMK sederajat, pengumuman dilakukan secara daring karena situasi masih berada dalam masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 98 siswa SMK Al-Sya’iriyah Limpung, Batang yang dinyatakan lulus mewujudkan rasa syukurnya dengan melakukan aksi sujud syukur serta menggelar aksi simpatik berupa kegiatan sosial pengabdian masyarakat.

Sujud syukur dilakukan serentak di rumah masing-masing setelah siswa-siswi menerima pengumuman secara daring pada pukul 15.00 WIB. Kemudian perwakilan siswa melakukan aksi simpatik pengabdian masyarakat dengan membagikan bahan makanan berupa sembako kepada para anak yatim, janda dan duafa di dua Kabupaten berbeda yaitu Desa Ngroto Kecamatan Reban Kabupaten Batang dan Desa Branti Jurangagung Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal.

Dipilihnya Desa Ngroto dan Desa Branti Jurangagung sebagai tempat pembagian sembako karena dua dukuh tersebut merupakan dukuh terluar yang jauh dari pusat kota. Kegiatan pembagian sembako ini juga berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan tokoh masyarakat setempat.

“Kegiatan bakti sosial pembagian sembako semacam ini patut dicontoh oleh pelajar dari sekolah lain, karena sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Hal ini jauh lebih bermanfaat dari pada perayaan kelulusan dengan konvoi dan corat-coret baju” ujar Suwandi, tokoh masyarakat Desa Ngroto.

Senada dengan Suwandi, Mulyo selaku tokoh masyarakat Desa Branti juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para siswa SMK Al-Sya’iriyah Limpung. Dia berharap kegiatan ini terus dilakukan setiap tahun untuk mengganti perayaan kelulusan yang bersifat hura-hura.

Menurut Azizah, salah satu perwakilan siswa yang ikut serta membagikan sembako menjelaskan bahwa uang untuk membeli sembako berasal dari patungan siswa kelas XII satu angkatan.  “Sebelum pengumuman kelulusan, kami telah membahas kegiatan untuk merayakan kelulusan. Dari pada konvoi, corat-coret baju dan hura-hura di jalan, kami lebih memilih aksi sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Akhirnya kami patungan mengumpulkan uang untuk membeli sembako” ujarnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan sosial dalam rangka merayakan kelulusan, siswa-siswi SMK Al-Sya’iriyah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Batang melakukan kegiatan donor darah pada Sabtu (5/6) di Gedung SMK Al-Sya’iriyah Limpung. Sebagian besar pendonor merupakan siswa-siswi dan dewan guru SMK Al-Sya’iriyah Limpung, tetapi ada juga masyarakat sekitar yang ikut serta donor darah dalam kegiatan tersebut.

Tak hanya membagikan sembako dan donor darah, siswa-siswi SMK Al-Sya’iriyah Limpung juga mengadakan aksi bersih-bersih tempat ibadah di Mushola At-Taqwa Wonokerso, Kandeman, Batang sekaligus memberikan sumbangan alat kebersihan pada Minggu (6/6). Kegiatan diawali dengan menyapu seluruh mushola, dilanjutkan mencuci sajadah dan mengepel lantai hingga bersih. Terakhir siswa-siswi menyerahkan alat kebersihan kepada Takmir Mushola yang diwakili oleh Sodikin.

Hamam Nasrudin selaku kepala SMK Al-Sya’iriyah Limpung mengungkapkan, bahwa dari tahun ke tahun siswa SMK Al-Sya’iriyah selalu mewujudkan rasa syukur atas kelulusan dengan cara mengadakan kegiatan yang bermartabat. Hal ini sejalan dengan komitmen SMK Al-Sya’iriyah Limpung untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswa yang selalu diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari dengan suri tauladan dan pembiasaan. “Kami selalu mewanti-wanti kepada siswa kelas XII yang akan merayakan kelulusan, jangan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti corat-coret baju dan konvoi di jalanan. Karena hal itu akan mengganggu ketenangan masyarakat dan membahayakan pengguna jalan. Perayaan kelulusan harus dilakukan dengan cara-cara yang beradab dan bermartabat” ujarnya.

Pewarta : A Jazuli

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *