Diskusi Persiapan Akreditasi, Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Batang, Silaturrahim bersama Tim Masuka Bawang

Diposting pada

Batang

Dalam rangka mempersiapkan diri hadapi akreditasi, pada hari Rabu 29 September 2021, madrasah aliyah swasta di Kabupaten Batang yang belum akreditasi di tahun ini, melakukan kegiatan silaturrahim dan sharing persiapan akreditasi bersama Tim MA Sunan Kalijaga (Masuka) Bawang di Ruang Serba Guna Masuka.

Seperti telah diketahui bahwa Masuka Bawang telah melaksanakan proses visitasi akreditasi secara daring pd tanggal 3-4 September 2021 yang diselenggarakan oleh BAN-SM Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan sharing yang diikuti para wakil kepala bidang kurikulum dan tim dari masing-masing madrasah tersebut diinisiasi oleh Forum Kurikulum MA Kab. Batang, dan difasilitasi oleh KKMA Kab. Batang.

Dalam sambutan pembukaannya, kepala Masuka Bawang Ahmad Munir, S. Ag., S. Pd. menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta dan mempersilakan kepada mereka untuk saling berbagi ilmu dan informasi terkait persiapan akreditasi.

Munir menambahkan, peserta yg terdiri dari para Waka kurikulum dan tim masing-masing madrasah adalah orang-orang tangguh yang akan banyak mewarnai perkembangan madrasah di bawah kepemimpinan kepala madrasah masing-masing.

Pada kesempatan itu Munir mengajak para punggawa madrasah aliyah di Kab. Batang untuk menata niat, bahwa ketika akan mempersiapkan diri menghadapi akreditasi, maka tujuan utamanya bukanlah akreditasi, karena akreditasi hakekatnya hanya penilaian dari seluruh aktifitas yang telah berjalan di madrasah berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh BAN-SM.

Yang tidak kalah penting dari itu semua adalah upaya perubahan/perbaikan yang dilakukan secara sungguh-sungguh, kontinyu dan berkelanjutan, dengan menempatkan akreditasi sebagai salah satu faktor pendukung bagi terciptanya percepatan perubahan/ perbaikan kinerja warga madrasah.

Munir berharap semua madrasah aliyah di kabupaten Batang terus berpacu untuk menjadi madrasah yg berkualitas, menarik dan mampu memberikan layanan pendidikan yang optimal dan mendapatkan kepercayaan dari warga masyarakat.

Pada sesi sharing akreditasi, para wakil kepala Masuka Bawang yg pada saat akreditasi awal September lalu menjadi Kordinator 4 komponen (Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Madrasah), secara bergantian menyampaikan alur proses mulai persiapan hingga pelaksanaan visitasi akreditasi beserta hal-hal yg harus diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal.Ruhani, waka kurikulum MANU Gringsing yang menjadi salah satu peserta dan juga ketua Forum Kurikulum MA Kabupaten Batang mengungkapkan kegembiraannya atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan ini sangat membantu madrasah aliyah yg belum melaksanakan akreditasi, karena hal-hal yg harus diperhatikan tergambar secara jelas oleh paparan (mantan) Tim Akreditasi Masuka Bawang.

Dia jugamengucapkan terimakasih kepada kamad Masuka Bawang beserta seluruh jajarannya yang telah menyambut dan menyediakan waktu dan tempat yg cukup nyaman bagi terlaksananya kegiatan sharing tersebut.Hal yang sama diungkapkan oleh Muniroh, waka kurikulum MAM Limpung.

Dia bersama peserta lain dari madrasah aliyah di kab. Batang merasakan mendapatkan tambahan energi dan semangat untuk memajukan madrasahnya, setelah lakukan berdiskusi bersama di forum sharing, dan mendapatkan pesan-pesan kamad Masuka Bawang pada saat sesi awal acara.

Bagikan ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *