Edit

BERANDA

Unjuk Kreatif Produk Makanan, SMK Al Sya’iriyah Limpung Gelar Bazar Kewirausahaan

Bagikan :

SMK Al Sya’iriyah Limpung, Kabupaten Batang menggelar bazar Kewirausahaan sebagai sarana unjuk kreatif siswa-siswi kelas XII (dua belas). Dalam kegiatan ini ditampilkan berbagai macam produk makanan sebagai implementasi mata pelajaran kewirausahaan.

Produk makanan tersebut dibuat dengan bimbingan guru mata pelajaran kewirausahaan, Rizki Murtikasari, S.Pd. Produk ini juga diperjualbelikan untuk kalangan guru dan siswa-siswi SMK Al Sya’iriyah.

“Pembuatan produk makanan bertujuan untuk mengimplementasikan mata pelajaran kewirausahaan dengan menyiapkan produk makanan, melatih jiwa dan semangat wirausaha dari siswa, serta melatih ilmu berkomunikasi dan personal selling secara langsung kepada konsumen,” ungkap Rizki, Selasa (9/11/2021).

Rizki menambahkan, pelatih jiwa dan semangat wirausaha siswa ini dimulai dari mempersiapkan sebuah usaha sejak proses perencanaan sampai dengan penjualan dan pengatasan masalah.

“Pendanaan kegiatan bazar disubsidi dari sekolah dan masing-masing kelompok stand,” jelas dia.

Rizki menambahkan, pelaksanaan bazar dilaksanakan pada jam istirahat sekolah sehingga aktivitas belajar siswa.

“Pelaksanaan pada hari senin dan selasa pada jam istirahat,” tandasnya.

Rizki mengungkapkan, terlihat bahwa di dalam bazar kewirausahaan produk yang dijual antara lain Churros, Pecel, asinan, es kuwut, es kuwut, es timun, nugget tempe, stup oreo, pudot, dan produk unggulan saat praktikum yaitu coklat daun kelor.

“Dari berbagai macam produk makanan tersebut mempunyai kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan,” kata guru mata pelajaran kewirausahaan SMK Al Sya’iriyah Limpung ini.

Hamam Nasrudin selaku kepala SMK Al Sya’iriyah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan bazar yang diadakan oleh siswa.


“Melalui bazar ini dapat memberikan motivasi kepada siswa agar mampu membuka usaha sendiri atau membuka lapangan kerja setelah lulus nantinya,” jelasnya.


Hamam menambahkan, SMK Al Sya’iriyah berkomitmen untuk terus menghasilkan lulusan yang kompetitif siap bekerja dan siap berwirausaha.

Pewarta: Tim LPS SMK Al Sya’iriyah