Edit

BERANDA

Breaking News: Jadwal Imsakiyah Kabupaten Batang 2022

Bagikan :

Assalamu’alaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Dimaklumatkan kepada para pengurus PCNU, MWC, Ranting, Lembaga, Banom dan warga NU seluruh Kabupaten Batang bahwa terkait perihal penerbitan jadwal Imsakiyah tahun 2022 M/1443 H yang menyisakan keresahan dan pertanyaan dimana pemegang jadwal Imsakiyah melihat tertera tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022 M/1443H. Jadwal ini sama seperti yang ditetapkan Muhammadiyah dan berbeda dengan jadwal Imsakiyah yang diterbitkan Kementrian Agama Kabupaten Batang. Terkait hal tersebut perlu diberi penjelasan:

  1. Jadwal Imsakiyah setiap tahun dicetak pada awal bulan Sya’ban bukan pada awal bulan Ramadhan, maka dipergunakanlah metode hisab. Oleh karena itu setiap tahun jadwal Imsakiyah selalu diberi keterangan bahwa penentuan AWAL RAMADHAN dan AWAL SYAWAL 1443 H: Menunggu hasil rukyat dan atau pengumuman sidang Itsbat pemerintah RI . Mohon dibaca keterangan dibawah jadwal imsakiyah no 3.
  2. Kementrian Agama menerbitkan jadwal Imsakiyah 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 3 April berdasarkan kesepakatan Kementrian Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) bahwa penetapan awal bulan Hijriyah pada posisi hilal 3 derajat. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) , hari Sabtu ketinggian hilal masih 2 derajat. Meski demikian penetapan yang sesungguhnya diputuskan dan ditetapkan melalui sidang Itsbat.
  3. Ormas yang menetapkan 1Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April dasarnya adalah Wujudul hilal bukan Rukyatul hilal. Maka awal Ramadhan kemungkinan terjadi perbedaan.

Wassalamu’alaikum wr WB
Batang, 28 Maret 2022/25 Sya’ban 1443 H.

TTd

Drs Jabir Alfaruqi

Jadwal Imsakiyah terbitan LTN PCNU Batang
Jadwal Imsakiyah terbitan Kemenag Kabupaten Batang