Edit

BERANDA

Gali Potensi Kader, Ansor Banyuputih Gelar Madrasah Desain

Bagikan :

Sebagai ikhtiar menggali potensi kader Ansor dalam bidang desain grafis, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang menggelar kegiatan Madrasah Desain Grafis, di Gedung MWC NU Banyuputih, pada Selasa (01/02/22).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program kerja Departemen Infokom dan Publikasi. Masih minimnya kader Ansor di tingkat Pimpinan Ranting (PR) yang menguasai desain grafis menjadi dasar diselenggarakannya acara ini.

“Kami ingin ada kader Ansor yang membidangi desain grafis, agar nantinya semua kegiatan Ansor-Banser di lingkungan ranting dapat dikemas menjadi konten digital yang rahmah,” ucap Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Banyuputih Amin Prayitno, saat membuka acara Madrasah Desain.

Dalam sambutannya, Amin menambahkan, bahwa pemilihan tema Transformasi Kecakapan Media dan IT Gerakan Pemuda Ansor untuk menyongsong Industri 4.0 digelar untuk memberikan dasar dalam hal desain grafis, sehingga kedepannya kader-kader Ansor akan mampu memahami desain secara lebih baik dan mapan.

“Setelah selesai pelatihan peserta diharapkan mampu membuat desain meme, poster, pamflet dan edit vidio untuk dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah di media sosial,” imbuhnya.

Pelatihan desain ini juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Batang, Zaim Ahya. Dalam sambutannya, Zaim menegaskan bahwa Infokom adalah ujung tumbak dari Ansor-Banser.

“Kita sebagai infokom bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi yang valid kepada umat, seperti menyebarkan nasehat para kiai yang menyejukkan dan menginspirasi, dan juga meng-counter informasi hoaks terkait Ansor dan NU,” tegas Zaim.

Zaim Ahya menambahkan, bahwa media tidak bisa diurus hanya oleh satu orang, tapi harus bersama-sama oleh beberapa orang dalam satu tim dengan spesifikasi masing-masing.

“Kita harus bagi tugas. Ada yang bertugas menulis berita, editor, mendesain, merekam video, dan mengoprasikan akun media milik Ansor untuk publikasi,” lanjut Zaim.

Sementara Ketua Panitia Madrasah Desain Grafis, Pipin Irwandi mengatakan bahwa pelatihan yang digelar di gedung MWC NU Banyuputih ini diikuti oleh sebelas peserta dari perwakilan Pimpinan Ranting (PR) se-Kecamatan Banyuputih.

Turut hadir dalam pelatihan. tersebut, diantaranya sahabat Pengurus Harian GP Ansor Banyuputih, Ketua Tanfidziyah MWC NU Banyuputih H Tuhri, Founder Sinau Desain sahabat Sofyan Ari Setyawan yang juga menjadi narasumber pelatihan.

Pewarta: Irfan