Edit

BERANDA

Harlah ke-37 Tahun, MA NU 01 Banyuputih Adakan Jalan Sehat dan Bagi-bagi Hadiah

Nailisia Ayu Ningtyas kerudung hitam, peserta Jalan Sehat yang meraih hadiah utama berupa Kulkas

Bagikan :

Banyuputih, NU Batang
Keluarga besar Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih Kabupaten Batang memperingati Hari Lahir (Harlah) yang ke-37 tahun dengan mengadakan Jalan Sehat dan Bagi-bagi Hadiah, pada Selasa (31/5).

Acara peringatan Harlah dibuka dengan apel bersama guru, karyawan dan peserta didik kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) di Halaman MA NU 01 Banyuputih yang dipimpin oleh Kepala Madrasah Mukhsin, S.Ag., M.Pd.I. Pada kesempatan itu, beliau menyampaikan sejarah singkat berdirinya madrasah kepada peserta apel.

Pria yang akrab disapa Pak Mukhsin menyampaikan bahwa sejak didirikan pada tahun 1985 silam, MA NU 01 Banyuputih telah menelurkan banyak alumni yang sekarang sudah mendominasi berbagai bidang pekerjaan, baik negeri maupun swasta.

“MA NU 01 Banyuputih lahir pada tanggal 1 juni 1985, kamu belum lahir, dan mungkin bapak ibu kamu belum menikah,” kata Mukhsin saat sambutan apel.

Ia menerangkan bahwa latar belakang berdirinya MA NU 01 Banyuputih pada awalnya didirikan oleh para ulama dan kiai di Limpung dan Banyuputih. Tokoh yang mendirikan yaitu KH Syair yang waktu itu sebagai Rois Syuriah MWC NU Limpung, KH Khusaeni Yasin, KH Munajat, Zamahsari, Ali Sodiqin dan Muridun.

“MA NU 01 Banyuputih adalah lembaga pendidikan milik Nahdlatul Ulama yang bertujuan menjaring calon peserta didik, membimbing dan mencetak generasi berprestasi, dan ini sudah dibuktikan dengan lahirnya berbagai macam alumni yang menempati posisi di berbagai bidang pekerjaan,” jelas Mukhsin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Batang.

“Selain menjadi lembaga pendidikan yang mencetak generasi berprestasi, MA NU 01 Banyuputih juga bermitra dengan Pondok Pesantren An-Nahdliyah Lokojoyo, Banyuputih dan MTs Nurul Huda sebagai bentuk kerjasama dalam mengembangkan kurikulum pendidikan, khususnya di lingkungan warga NU Banyuputih. Sejarah MA NU 01 Banyuputih tidak boleh dilupakan oleh para alumni dan peserta didik, sebab dengan mengingat dan mengenang jasa-jasa para pendiri, maka kita dapat mensyukuri nikmat pendidikan yang kita rasakan selama ini,”sambungnya.

Usai apel, acara dilanjutkan kegiatan jalan sehat dan pembagian hadiah melalui kupon yang sudah dibagikan oleh panitia kepada peserta didik.

“Pembagian hadiah ini tujuannya adalah untuk penggembira, penyemangat dan rasa syukur terhadap lembaga pendidikan ini, wabil khusus di Hari Lahir MA NU 01 Banyuputih yang ke-37 ini. Semoga peserta didik merasa terhibur dan selalu gembira belajar di madrasah ini,” tutur Ketua Panitia Harlah, M Satrio Dwi Putranto, S.Pd.

Menurut Satrio, rangkaian Harlah Ke-37 MA NU 01 Banyuputih akan dilanjutkan kegiatan Istighotsah bersama sesepuh, pengurus, guru, karyawan dan perwakilan alumni MA NU 01 Banyuputih pada hari Rabu (1/6) besok.

Kontributor : Choirul Anam Zaenal
Editor : M Asrofi