Edit

BERANDA

Sopir Kiai NU Batang Gelar Lailatul Kopdar

Sopir Kiai NU Batang

Bagikan :

Subah, NU Batang
Sebagian driver mobil yang tergabung dalam Sopir Kiai Nahdlatul Ulama (SKNU) Kabupaten Batang menggelar Lailatul Kopdar di Pondok Pesantren Darussalam Desa Kemiri Kecamatan Subah Kabupaten Batang pada Kamis (1/12/2022).

Mereka bertatap muka langsung untuk membicarakankan sebuah komitmen yang tidak boleh luntur dan terus terpatri dalam hati. Komitmen yang dimaksud melakukan sebuah tugas pengabdian kepada kiai dengan baik dan tanpa pamrih yang tergabung dalam komunitas Sopir Penderek Kiai Batang. Hal ini ditegaskan oleh Ihsan As’ari Ketua SKNU Batang.

Ihsan juga mengatakan simbol kebesaran SKNU yaitu ‘ngiwo nengen nderek kiai’, Nyupreh berkah ora kakean polah. ‘Ngiwo nengen nderek kiai’ sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya ke kanan maupun ke kiri tetap mengikuti kiai. Tentu dalam jargon tersebut perlu perlakuan pasrah dan yakin, setiap langkah dan ucapan kiai bisa dijadikan panutan serta arahan dalam kehidupan.

Sedangkan ‘Nyupreh berkah ora kakean polah’ juga di ambil dari bahasa Jawa yang artinya mencari berkah tidak banyak tingkah. Dengan maksud melakukan perilaku positif atau khidmah yang dilakukan oleh seorang santri dalam mencari ridho dan berkah kiai. Menjadi seorang driver kiai harus mengedepankan sebuah attitude tanpa mengedepankan gengsiĀ dilaksanakan dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Motivasi ini dipicu dari keinginan mengharap jalan yang lurus, mendapat ridho dan keberkahan dari Allah SWT yang terus mengalir melalui pengabdian kepada ulama.

“Selagi ada kesempatan teruslah mengabdi, berkhidmah pada kiai, bu nyai dan seluruh keluarga kiai, dan semoga kelak kita juga dikumpulkan dengan beliau-beliau di surganya Allah SWT. Aamiin,” ucap Gus Aniq salah satu eska sobat.

Selain memantapkan niat, para sopir kiai itu juga memastikan, jalinan silaturahmi antar sesama juga tetap terjaga, mengingat perjalanan mereka sama-sama memiliki jam tayang tinggi, dan memerlukan cukup banyak tenaga.

“Utamakan keselamatan dan kenyamanan, ketika nderekke tidak usah terburu-buru dengan cepat asalkan selamat. Sebab, yang kita derekke beliau adalah orang pilihan di hadapan Allah SWT, termasuk tiang agama, memiliki santri-santri yang ngaji sama beliau,”  harap Fahrudin driver kiai Kendal.

Pewarta : Vicky Al Farouqy
Editor : Asrofi