Edit

BERANDA

Pakai Kertas dan Smartphone, Ratusan Siswa MA NU 01 Banyuputih Hadapi Penilaian

Siswa-siswi MA NU 01 Banyuputih sedang melaksanakan PHB dan PAT

Bagikan :

Banyuputih, NU Batang
Bertepatan pada bulan suci Ramadhan, sebanyak 667 peserta didik Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih Kabupaten Batang menghadapi Penilaian Harian Bersama (PHB) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pelaksanaan PHB diikuti oleh siswa kelas 10 dan 11, sedangkan PAT dilaksanakan oleh siswa kelas 12. Penilaian ini dimulai sejak Senin 27 Maret hingga Kamis 6 April 2023. Teknis pengerjaan PHB menggunakan smartphone milik siswa melalui aplikasi Computer Based Test (CBT).

Menurut Ahamad Hasan selaku Waka Kurikulum siswa kelas 12 yang mengerjakan PAT, soal dan jawabannya melalui kertas. Hal ini supaya meringankan beban server sehingga siswa dapat mengerjakan penilaian dengan lancar.

“Kalau kelas 12 ikut CBT servernya berat karena kita hanya punya server 2 sedangkan yang dibutuhkan 3 server makanya kelas 12 sengaja pakai kertas untuk mengurangi daya tampung server,” jelasnya.

Peserta yang mengerjakan melalui smartphone mangku tidak terkendala oleh jaringan. Dengan itu, kegiatan PHB dapat berjalan dengan lancar dan lebih tertib dari kegiatan penilaian sebelumnya. “Alhamdulillah lancar,” ujar Naila salah satu siswi yang mengerjakan PHB melalui smartphone.

“Kalau pakai kertas itu lebih mudah mengerjakannya ketika ada soal tentang menghitung selain itu soalnya hanya 10 tetapi jika ada soal bacaan jawabannya cukup panjang, sedangkan memakai smartphone lebih mudah dan praktis ketika ada soal bacaan hanya tinggal klik saja,” kata Maulinda Anggraeni, salah satu siswi kelas 12 yang mengerjakan PAT dengan menggunakan kertas.

Persiapan untuk menghadapi PAT kelas 12 berbasis kertas, Dewi Zulfa Kamila mengungkapkan persiapan hampir sama seperti penilaian biasa tetapi kali ini memang lebih keras lagi buat belajar karena soalnya berbentuk essay kalau biasanya berbentuk pilihan ganda jadi lebih mudah untuk mengarang jawabannya.

“Apalagi ini puasa jadi harus mengatur waktu untuk belajar, tarawih, dan kegiatan lain di bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Pewarta: Mirna Sari dan Novia Al Faizah
Editor: Muhammad Asrofi