Edit

BERANDA

Asah Kecakapan Bermedia, Pelajar NU Subah Berdayakan Anggota dalam Pelatihan Jurnalistik

Peserta Pelatihan Jurnalistik PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Subah

Bagikan :

Subah, NU Batang
Organisasi pelajar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Subah berkomitmen untuk meningkatkan kecakapan bermedia anggota mereka melalui pelatihan jurnalistik yang berlangsung di Raudhatul Athfal (RA) Masyitoh Al-Ikhlas, Desa Ngepung pada Ahad (30/07/23).

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang dunia jurnalistik dan mengasah kompetensi bermedia, lembaga pers dan penerbitan (LPP) PAC IPNU IPPNU Subah menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik sebagai salah satu program kerjanya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan peran media di Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU se-Kecamatan Subah dan memberdayakan anggota dengan keterampilan jurnalistik yang kuat.

Direktur Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) PAC IPPNU Kecamatan Subah, Indah Wahyu Riyani, menekankan pentingnya kemampuan bermedia di era digital ini. “Pelatihan ini diadakan untuk memperkuat kemampuan bermedia anggota dan mengajarkan mereka bagaimana menyusun berita yang informatif dan berbobot,” ungkapnya.

Pelatihan ini disampaikan oleh narasumber dari LPP PC IPNU Kabupaten Batang, yaitu yaitu Bagas Adiakso, hadir dalam acara ini. Bagas tidak hanya memberikan teori tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk langsung mempraktikkan cara membuat berita sesuai dengan strukturnya.

“Dalam membuat berita, harus ada unsur 5W + 1H,” kata Bagas Adiakso, menjelaskan pentingnya meliputi unsur Who, What, When, Where, Why, dan How dalam sebuah berita.

Peserta pelatihan kemudian diberikan tugas untuk membuat berita perkelompok, dengan bimbingan langsung dari narasumber. Setelah itu, hasilnya akan diperiksa dan dinilai bersama.

Pada akhir pelatihan, Bagas Adiakso menekankan pentingnya menulis ilmu agar tidak terlupakan oleh generasi mendatang.”Jika ilmu tidak ditulis, maka akan terlupakan di masa yang akan datang,” ucapnya.

Acara pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian sertifikat penghargaan kepada narasumber sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam meningkatkan pengetahuan jurnalistik anggota IPNU dan IPPNU di Kecamatan Subah.

Pewarta : Nanda dan Faiq
Editor : Muhammad Asrofi