Edit

BERANDA

Menyambung Sanad Perjuangan Ulama’, Ratusan Nahdliyin Subah, Ziarah Makam Muassis NU

Harlah NU Ke 99 Hijiriyah, Ratusan Nahdliyin Subah Ziarah Makam Muassis NU Sekitar (Foto: Irvan)

Bagikan :

Subah, NU Batang
Warga Nahdliyin penjuru Daerah di Nusantara mewarnai Peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke- 99 Tahun Hijriyah dengan berbagai macam kegiatan. Seperti yang dilakukan Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, dengan ziarahi makam para muassis NU di wilayah sekitar, pada Ahad (20/02) kemarin.

Di mulai pukul 06.00 WIB, ratusan rombongan ziarah dari berbagai Pengurus Ranting (PR) NU tiba di Gedung MWCNU Kecamatan Subah. Setelah itu, rombongan diberangkatkan ke tempat ziarah pertama, yaitu Makam Kyai Shobari di Desa Adinuso, salah satu Muassis NU di Kecamatan Subah.

Kyai Muhammad Mathin selaku Ketua Tanfidziyah NU Kecamatan Subah menuturkan, kegiatan ziarah merupakan sebagai upaya menyambung sanad perjuangan Muassis NU dan Ulama’ NU dalam memperjuangkan keagamaan maupun kebangsaan.

“Baik dalam hal perjuangan keagamaan atau kebangsaan, agar kita semua tidak melupakan sejarah, tidak menghilangkan sejarah Ulama’ dan para pendahulu kita, ziarah juga sebagai bentuk tabarruk kepada para muassis NU,” imbuh kyai Mathin.

Lebih lanjut Kyai Mathin menyampaikan, selain ziarah  akan dilaksanakan Istighotsah dan Selamatan potong tumpeng di Pondok Pesantren Darussalam Desa Kemiri, Kecamatan Subah, sebagai tujuan akhir ziarah.

Agus Budiyanto Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor  Kecamatan Subah, selaku koordinator lapangan mengatakan, beberapa rombongan diberangkatkan dari halaman gedung, menuju makam Kyai Sobari di Desa Adinuso sebagai lokasi pertama, sebagian rombongan terdekat makam, menunggu di lokasi

“Ziarah ini, merupakan pelaksanaan program kerja Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama’ (LDNU) Kecamatan Subah, sebagai progamnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan pada peringatan hari-hari besar, seperti Peringatan Harlah NU, Hari Santri Nasional dan lain sebagainya,” terangnya.

Selain makam kyai Shobari Adinuso, rombongan berziarah di Makam kyai Fahrurozi di Dukuh Ngepung Desa Subah, Makam kyai Nurridho, kyai Qosim di Dukuh Liyangan Desa Subah, dan makam kyai Damanhuri di Desa Kemiri Kecamatan Subah, sebagai titik akhir.

“Sesuai direncakan Ziarah selesai pukul 10.00 WIB, dilanjutkan selamatan potong tumpeng dan ramah tamah oleh Pengurus NU Kecamatan Subah,” pungkasnya.

Pewarta : Irfan
Editor : Rokhman Jaya