Edit

BERANDA

Tampilkan Kemampuan Baca Kitab Kuning, Wisuda MTs NU Al Syairiyah Dapat Apresiasi Kemenag Batang

Wisudawan & wisudawati MTs Al Syairiyah Limpung sedang menampilkan kemampuan membaca kitab Kuning

Bagikan :

Limpung, NU Batang
Kasi Pendidikan Madrasah, H Munif yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang mengapresiasi kemampuan baca kitab kuning para wisudawan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Al Syairiyah Plumbon Limpung, pada Sabtu (11/06/22).

“Sungguh luar biasa. Ini merupakan keunggulan di bidang keagamaan yang perlu terus dikembangkan,” tutur H munif.

Di wisuda MTs NU Al Syairiyah Angkatan ke XXXIII, sebagai perwakilan, dua puluh empat wisudawan dan wisudawati di tes baca kitab kuning Safinatun Najah dengan metode Amtsilati.

Oleh Gus H Zaimuddin Ahya, para wisudawan itu ditanya seputar landasan nahwu dan sorof dari teks yang dibaca, seperti tanda-tanda kalimat isim, isim makrifat-nakiroh, wazan isim fail, wazan isim maf’ul, wazan masdar beserta tashrifannya.

Ketua Yayasan Islam Al Syairiyah (YISA) KH Agus Musyafa’ Syair dalam sambutannya mengatakan bahwa kemampuan baca kitab kuning siswa dan siswi yang telah diwisuda merupakan hasil dari integrasi pendidikan madrasah dan pesantren di bawah nanungan YISA.

“Apa yang telah anda saksikan tadi merupakan hasil dari integrasi pendidikan pesantren dan madrasah. Pagi hari anak belajar di madrasah dengan tambahan ilmu umum seperti matematika, dan fisika. Sore dan malamnya anak diajari ngaji Al Quran dan kitab kuning di pesantrem,” jelas Kiai Musyafa’ yang juga merupakan anggota A’wan Pengurus Cabang (PC) NU Batang.

Menurut Kepala MTs NU Al Syairiyah Ali Mujib, tahun ini MTs NU Al Syairiyah mewisuda 255 siswa dan siswi. Ali Mujib berharap, siswa dan siswi yang telah diwisuda menuruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya berharap, putra-putri Anda tidak berhenti belajar, namun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Diantaranya bisa melanjutkan ke MA Takhasus dan SMK Farmasi Al Syairiyah,” jelas Ali Mujib yang juga menjabat sebagai Pengurus Lembaga Takmir Masjid Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Limpung ini.

Sementara itu, dalam mauidhatul hasanahnya, Pengasuh Pondok Pesantren TPI Al Hidayah KH Much Sulthon Syair menegaskan pentingnya membekali generasi muda dengan ilmu.

“Untuk menjadi orang yang berbuat tepat, maka harus berbekal ilmu. Oleh karena itu, mewariskam ilmu kepada generasi muda murupakan hal yang sangat penting,” tegas kiai yang juga merupakan Mustasyar MWC NU Limpung ini.

Turut hadir di acara Wisuda MTs NU Al Syairiyah ini: Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al Ishlah Nyai Hj Uswatun Hasanah, Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al Amanah Nyai Hj Faridatul Bahiyah Syair, Rois Syuriyah MWC NU Limpung KH Abdul Kholik, Ketua Alumni Pondok Pesantren TPI Al Hidayah Kiai Arif Muta’alimin, Pengawas adrasah Kabupaten Batang, para wali murid, dan para tamu undangan yang lain.

Pewarta : Tim Media MTs NU Al Syairiyah
Editor : M Asrofi