Edit

BERANDA

Pelatihan Desain, LTN NU Batang Cetak 32 Pejuang Sektor Media

Peserta Pelatihan Desain Grafis (foto: Anif)

Bagikan :

NU Batang
Salah satu lembaga NU yang bertugas di bidang kepenulisan, penerjemahan dan penerbitan kitab atau buku serta media informasi menurut faham Ahlussunnah wal Jamaah yakni Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang, menyelenggarakan Pelatihan Desain Grafis selama dua hari yang diikuti sebanyak 32 peserta.

Pelatihan dengan mengangkat tema “Mengembangkan Skill Design Nahdliyin di Era Masyarakat 5.0” dilaksanakan pada Sabtu – Ahad (29-30/10/2022) yang terpusat di SMK Al Syairiyah Limpung, Batang. Pada kegiatan tersebut panitia mendatangkan dua narasumber yang berkompeten dalam bidang Desain Grafis, yaitu Wijayanto pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah dan Sofyan Ari Setiawan pengurus PAC GP Ansor Banyuputih sekaligus Founder Sinau Desain Community.

Ketua LTN PCNU Batang, Jabir Al Faruqi mengungkapkan pelatihan desain ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali kemampuan digital kader-kader Nahdlatul Ulama di Kabupaten Batang. Peserta selain mendapatkan materi juga melakukan praktik membuat karya desain. Peserta pelatihan ini merupakan perwakilan delegasi dari Majelis Wakil Cabang NU se-Kabupaten Batang.

“Kalau anda ingin menjadi sesuatu maka anda harus bersungguh-sungguh dan harus mencatatkan sesuatu itu. Kalau anda ingin menjadi jurnalis maka anda harus dikenal dengan jurnalis. Kalau anda ingin menjadi desainer maka anda harus dikenal sebagai desainer. Orang bisa disebut desainer, karena orang itu benar-benar tekun dan ahli dalam bidang tersebut. Ini yang perlu kita tanamkan,” ujar Jabir saat memberikan motivasi dihadapan para peserta.

Mantan Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah juga memberikan pesan kepada peserta pelatihan agar terus berkarya.
“Harapannya walaupun ini pendek, selalu bisa berproses. Anda bisa berkarya kapanpun dan lewat manapun. Syaratnya istiqomah, dilakukan secara terus menurus. Sehingga karyamu terus meluas. Dibiasakan setiap minggu membuat karya desain,” tutur Jabir.

Lebih lanjut, ia menekankan kepada para peserta setelah pelatihan ini, peserta akan menjadi pejuang sektor media di wilayahnya masing-masing.

Pengurus LTN PCNU Batang, Gus H Zaimuddin Ahya turut mendampingi peserta Pelatihan Desain Grafis dari awal sampai selesai. Ia mengatakan setelah pelatihan ini kita belum selesai. Peserta yang sudah dilatih pada kegiatan ini tetap berlanjut di forum grub WhatsApp.

“Perlu kolaborasi antara berita dengan desain, karyanya nanti bisa dikirim ke grub lalu mas Wish (sapaan akrab Wijayanto) dan mas Sofyan selaku pemateri nanti bisa mengoreksi dan memberikan komentar agar menjadi lebih baik,” kata Gus Zaim.

“Setelah ini teman-teman bisa membantu publikasi media MWC NU nya masing-masing. Harapannya kita membantu publikasi, mempromosikan tokoh-tokoh lokal, seperti Tanfidziyah ranting, Suriyah ranting,” pungkasnya.

Editor : Asrofi